love you :*({})

Senin, 19 November 2012

Tetap Diet Dengan Masakan Dari Daging

Masakan dari daging sering dihindari karena alasan takut bertambahnya lemak yang otomatis menyebabkan tubuh bertambah gemuk.  Sebenarnya, tidak perlu menghindari masakan dari daging, karena bagaimana pun juga tubuh tetap membutuhkan nutrisi dari daging. Daging merupakan sumber vitamin, protein dan zat besi. Hanya saja ada jenis daging yang memiliki tingkat lemak jenuh yang tinggi. Jenis daging inilah yang harus dihindari karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Asupan lemak jenuh tidak boleh melebihi 7% dari total asupan kalori setiap hari. Oleh karena itu, sangat penting memilih sumber daging yang baik bagi kesehatan tubuh.
masakan dari daging Tetap Diet Dengan Masakan Dari Daging
Tips Mengkonsumsi Daging Bagi Yang Sedang Diet
  1. Ketahui jenis daging yang rendah lemak. Kebanyakan jenis daging mengandung lemak yang tinggi. Pilihan untuk jenis daging rendah lemak ada pada unggas (ayam dan bebek), kambing dan sapi. Daging ayam tetap mengandung lemak jenuh tapi dalam tingkat yang masih wajar, dapat dikurangi lagi dengan cara menghilangkan semua kulitnta sebelum dikonsumsi. Daging sapi memiliki protein dan zat besi yang tinggi, sumber vitamin B, vitamin B-6 dan B-12. Namun, tetap batasi konsumsi daging sapi yaitu kurang dari 18 ons per minggu.
  2. Daging dari ikan paling direkomendasikan. Daging ikan termasuk ikan salmon dan tuna  mengandung asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Disarankan untuk mengkonsumsi ikan dua kali seminggu.
  3. Daging merah seperti daging sapi dan kambing yang memiliki tingkat lemak jenuh yang tinggi aman dimakan bila dikonsumsi hanya dua kali seminggu agar kadar kolesterol tidak naik. Bila kolesterol naik bisa memicu penyakit jantung. Saat membeli daging sapi, pilihlah daging sapi tanpa lemak. Masakan dari daging sapi tanpa lemak bisa dimasukkan ke dalam menu diet sebagai sumber protein yang membuat rasa kenyang lebih lama.
  4. Saat membeli daging sapi pilihlah yang persentasi dagingnya lebih banyak daripada lemaknya.
  5. Mengolah daging dengan benar. Hindari mengolah daging dengan cara digoreng karena itu adalah ide buruk bagi yang sedang menjalani program diet. Daging yang digoreng hanya akan menambah kadar lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol. Masakan dari daging sebaiknya diperoleh dengan cara dipanggang agar lemaknya bisa dikeluarkan. Silahkan cari resep daging panggang yang lezat sebagai menu diet.
  6. Daging ayam sebaiknya tidak dikonsumsi melebihi 3 ons (85 gram) per hari. Pilihlah daging ayam bagian dada karena kandungan lemaknya jauh lebih rendah.
  7. Campurkan daging dengan bumbu atau rempah-rempah yang mampu menetralkan lemak yang masuk. Misalnya kunyit dan bawang putih. Zat alicin dalam bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol dan gula darah, sedangkan kunyit berfungsi untuk menghilangkan jaringan lemak dalam tubuh.
Masakan dari daging tetap dibolehkan bagi yang sedang menjalani program diet, hanya saja porsinya harus sesuai, tidak berlebihan. Pilih daging yang rendah lemak tentunya. Masukkan juga daging ikan dan seafood dalam menu diet sehat.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates